Webiste JPIK Celebes adalah media publikasi informasi dan data dari Jaringan Pemantau Independen Kehutanan (JPIK) Wilayah Sulawesi Selatan. JPIK Sulawesi Selatan merupakan wadah jaringan pemantau independen kehutanan di Sulawesi Selatan yang merupakan bagian dari elemen JPIK Nasional.

Media ini dikelola oleh JPIK Sulawesi Selatan yang diadministrasi oleh Perkumpulan JURnaL Celebes sebagai organisasi  Focal Point JPIK Sulawesi Selatan. JPIK Sulawesi Selatan kini beranggotakan 15 pemantau aktif dan puluhan anggota non aktif dari berbagai organisasi masyarakat sipil dan individu.  Secara nasional, JPIK dideklarasikan 29 organisasi masyarakat sipil yang tersebar dari Aceh sampai Papua dalam sebuah pertemuan lokakarya FLEGT, tamggal 21-23 September 2010, di Jakarta.

Pembentukan JPIK merupakan wujud dari komitmen untuk ikut berkontribusi aktif dalam mendorong tata pemerintahan kehutanan yang baik, dengan memastikan kredibilitas dan akuntabilitas dari implementasi sistem Penilaian Kinerja Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PK-PHPL) dan Verifikasi Legalitas Kayu (VLK).