Laporan Indikasi Perusahaan Fiktif, UD Sumber Alam Jatindo Merespon
in Sulawesi Tenggara
Hits: 329

Pada April 2019, JPIK Sulawesi Tenggara menelusuri keberadaan UD Sumber Alam Jatindo di Kabupaten Buton Tengah. Industry pengolahan ini adalah satu-satunya industri kayu yang ber-SVLK  di Buton. UD Sumber Alam Jatindo mendapatkan legalitas penilaian dari PT BRIK Quality Service dan telah dua kali penilikan, tahun 2015-2017. Dari hasil audit, perusahaan telah memenuhi standar SVLK, dengan tanggal berakhirnya S-LK  8 Januari 2021.

Perusahaan Fiktif, Modus Pencurian Kayu di Sulawesi Tenggara
in Sulawesi Tenggara
Hits: 142

Kabupaten Buton dan Muna, Sulawesi Tenggara sejak dulu menjadi pemasok berbagai jenis kayu ke berbagai wilayah. Bahkan Kabupaten Muna memiliki hutan jati terbesar di Sultra.  

Pada awal tahun 200-an, Sultra memiliki potensi hutan jati yang sangat besar. Bahkan, pemerintah ketika itu mencatat PAD Sultra dari potensi jati mencapai Rp 14 Miliar pada tahun 2010 dan meningkat jadi Rp 42 Miliar pada tahun 2014.

Jadi Sarana Transportasi Kayu, DAS Konoweha Sultra Terancam
in Sulawesi Tenggara
Hits: 98

Sulawesi Tenggara sejak dulu menjadi pemasok berbagai jenis kayu ke berbagai wilayah, terutama Kabupaten Kolaka Timur dan Konawe. Berdasarkan informasi dari Dinas Kehutanan Sulawesi Tenggara, di kedua kabupaten tersebut, terdapat 4 perusahaan di Sultra yang telah dilengkapi Sertifikat Legalitas Kayu (SLK) yaitu UD Rimba Bersama dan UD ER Jaya di Kabupaten Konawe, serta UD Cahaya Putemata dan UD Cahaya Alam di Kolaka Timur.