Kelengkapan Dokumen Lingkungan Tak Jadi Prioritas Perusahaan Kayu di Sulteng

in Sulawesi Tengah
Hits: 92

Industri yang mengabaikan regulasi kepatuhan lingkungan juga ditemukan di Sulawesi Tengah. Di Sulteng, perusahaan yang menjadi target pemantauan adalah PT Trio Adhi Sejahtera. Perusahaan ini ditemukan juga tidak memenuhi persyaratan administrasi kepatuhan lingkungan hidup. Berdasarkan akta pendirian, unit manajeman ini didirikan pada 2016 dan mulai beroperasi pada 2017.

Perusahaan yang beralamat di Kecamatan Parigi Moutong ini memproduksi tripleks setengah jadi dengan kapasitas pabrik mencapai 6000 meterkubik.

"Kami sudah meminta keterangan dari DLH Parigi Moutong. Hasilnya, perusahaan terkait sudah beberapa kali tidak menyetor laporan pengelolaan lingkungan hidup," kata Rizal dari JPIK Sulteng.

Terkait kelengkapan dokumen lingkungan, PT Trio Adhi Sejahtera mempunyai UPL dan UKL yang tergabung dalam dokumen DPLH yang didapatkan dari DLH Kabupaten Parigi Moutong.

Dari keterangan Kepala Seksi Penegakan Hukum (Gakkum), Idrus, sejak beroperasi pada 2017, perusahaan baru menyetor satu dokumen pengelolaan lingkungan hingga 2019.

“Perusahaan sudah dua kali tidak menyetor laporan pengelolaan lingkungan di tahun 2018. Tahun ini terhitung Januari hingga Juni juga belum sama sekali menyetor laporan,” kata Idrus.

Terkait hal tersebut, DLH Parigi Moutong mengatakan akan memberi sanksi administrasi terlebih dahulu ke TP Trio Adhi Sejahtera. Apabila masih tidak menyetor dokumen yang dimaksud dalam jangka waktu tertentu, sanksi yang diterima berupa pencabutan izin.

Selain itu, dari hasil riset pemantau disebutkan bahwa kapasitas pabrik PT Trio Adhi Sejahtera adalah 4.000meter kubik. Namun, laporan dokumen pengelolaan lingkungan hidup (DPLH) memperkirakan kapasitas produksi mencapai 6000 m3/tahun log kayu. 

Terkait kapasitas perusahaan, pemantau menyayangkan DPLH Parigi Moutong tidak mempunyai data valid. Pihak unit manajemen juga belum memahami tentang kubikasi produksi.

Selain ketiadaan dokumen pengelolaan lingkungan, tim pemantau juga meriset kelengkapan lainnya. Ditemukan bahwa perusahaan juga belum memiliki izin lingkungan dari Bupati Parigi Moutong. Selain itu, selama  kegiatan  operasional PT  Trio adhi  Sejahtera  belum memiliki  izin  perlindungan  dan  pengelolaan  lingkungan  hidup (PPLH).

Terkait audit lapangan, PT Trio Adhi Sejahtera telah menerima putusan sertifikasi pada 2018 tentang pengumuman hasil verifikasi  legalitas  kayu  (VLK). Adapun tim audit dari  LV-LK  PT Nusa Kelola  Lestari yang  beralamat di Jalan  KH Sholeh  Iskandar  Km 4 Tanah  Sareal, Bogor.

Leave your comments

Comments

  • No comments found